Kuliah Tamu Online Desain Arsitektur Museum bersama Hermawan Dasmanto

04 Mei 2020

Desain arsitektur museum merupakan hal yang menarik untuk dibahas. Tema itulah yang diangkat dalam kuliah tamu online tanggal 23 April 2020 dengan pembicara Hermawan Dasmato, ST. Bagi arsitek yang biasa dipanggil Mas Iwan ini, museum adalah memori atau ingatan yang dipresentasikan sehingga bagaimana artifak-artifak tersebut disajikan perlu menjadi perhatian arsitek. Pada kuliah tamu ini, Mas Iwan yang telah mendesain beberapa museum berbagi pengalamannya dalam mendesain dua buah museum yaitu Galeri Suroboyo dan Museum Pendidikan Surabaya.

Dalam mendesain Galeri Suroboyo, Mas Iwan menampilkan suasana kota Surabaya dalam wujud museum di mana penyajian artifak maupun suasana yang ingin ditampilkan sangat mempengaruhi sirkulasi dan penataan ruang dalam museum. Selain itu, material yang digunakan dalam museum tersebut juga disesuaikan sehingga dapat mencerminkan kota Surabaya.

Pengalaman yang berbeda didapatkan Mas Iwan ketika mendesain Museum Pendidikan Surabaya, yang merupakan bekas sekolah. Karena muatan pendidikan dalam museum tersebut, maka Mas Iwan perlu mendefinisikan citra museum yang ingin ditampilkan. Disamping itu, pendidikan saat ini yang dapat dilakukan dengan berbagai metode merupakan tantangan tersendiri bagi Mas Iwan.

Pesan dari Mas Iwan untuk men desain arsitektur museum, arsitek harus mengetahui barang-barang/ artifak yang akan ditampilkan dalam museum tersebut sehingga menunjang citra yang ingin ditampilkan.

Rekaman kuliah tamu tersebut dapat dilihat di petra.id/KT_HD.

 


Close previewer