Mendesain Hunian Transit, Mahasiswa Arsitektur Raih Juara 2 Archevent UNS 2019

13 Des 2019

Tanggal 6 Desember 2019 sebuah kabar menggembirakan datang dari Maria Patricia Winarko, Reynaldi Kurniawan Daud dan Ellen Effendy yang berhasil meraih Juara 2 dalam Sayembara Arsitektur Archevent Mampir Sejenak 2019 yang diadakan oleh Universitas Sebelas Maret (UNS). Sayembara yang mengambil tema Reforming Demolished Community ini bertujuan untuk merancang suatu hunian transit bagi warga terdampak program peremajaan wilayah kumuh ilegal oleh pemerintah. Sayembara ini berlatar ketika warga harus kehilangan huniannya baik sementara ataupun permanen.

Dalam menjawab permasalahan tersebut, Maria, Reynaldi dan Ellen mengangkat konsep design hunian yang cepat (dalam pembuatan/fabrikasi), instan (mudah untuk di transportasikan) dan murah karena fungsinya yang menjadi hunian transit. Hunian tersebut dapat digunakan oleh orang-orang yang masih tinggal di huniah ilegal dan harus dipindahkan ke rusun. Dalam jangka waktu pemindahan tersebut, mereka dapat ditempatkan sementara di hunian transit ini.

Menurut Maria, mengikuti ikut lomba tersebut merupakan sebuah pengalaman yang meranik karena dalam perkuliahan tidak pernah mendapatkan masalah desain transit, sehingga harus memikirkan hal-hal yang belum pernah terpikirkan.

“Memikirkan hal-hal yang belum terpikirkan itu gampang-gampang susah, karena tidak familiar dan harus membayangkan bagaimana realitanya kalau dibangun, apakah sistemnya sudah benar atau tidak, dan masih banyak hal lain. Selain itu kami mendapatkan tambahan ilmu, karena bisa mengexplore hal-hal/ ide baru dan menjadi lebih semangat buat memecahkan masalahnya,” ujar Maria.

Desain mereka dapat dilihat di : https://drive.google.com/a/petra.ac.id/file/d/140p8-tQV20XKZa6QyAYplFLAep3C2aG/view?usp=drivesdk


Close previewer