Ikuti Sayembara Desain Masjid Agung Singkawang, Mahasiswa Prodi Arsitektur Raih Juara 3

25 Nov 2019

Sebuah prestasi kembali ditorehkan mahasiswa Prodi Arsitektur. Cindy, Kevin Ardisa dan Moses M. Hendrawan, mahasiswa Arsitektur angkatan 2016 dan 2017, didampingi oleh Sylviana Putri S., S.T., M. Eng., selaku dosen Prodi Arsitektur dan Gratio Ray Sutanto S.T., arsitek praktisi, berhasil meraih juara 3 Sayembara Desain Masjid Agung Singkawang dalam penjurian yang berlangsung 17 Oktober 2019 di Balairung Kantor Walikota Singkawang.

Desain masjid yang berjudul “Ealaqat Alwiam” ini mengutamakan konsep keharmonisan dan relasi manusia dengan Tuhan dan dengan sesame, sesuai dengan judul yang diusung. Ide desain tersebut berangkat dari Kota Singkawang yang dikenal sebagai kota yang toleran, meskipun mayoritas penduduknya umat muslim, tetapi kota tersebut juga dikenal sebagai Kota Seribu Klenteng. Ketenangan dan kebahagiaan diwujudkan dalam ruang-ruang yang sakral dan profan, sedangkan bentuk bangunan mengambil unsur arsitektur lokal yaitu arsitektur Dayak.

Meskipun awalnya mereka tidak menyangka akan berhasil sampai enam besar karena sayembara ini bertaraf nasional, dan banyak biro-biro arsitek ternama yang tidak berhasil mencapai enam besar, tetapi mereka berusaha memaksimalkan presentasi supaya bisa berkompetisi dengan peserta lain yang professional.

“Hal yang menarik dari sayembara ini adalah kami banyak belajar, antara dosen, mahasiswa dan praktisi dimana kami saling berbagai sudut pandang dan ide. Kami juga belajar dari ide peserta lain dan masukan dari dewan juri baik kepada kami maupun kepada peserta lain. Selain itu, hal yang sangat penting adalah kami belajar membuat presentasi yang menarik penonton, karena kesulitan yang dihadapi saat presentasi adalah tidak mampu menyampaikan ide yang sebenarnya sangat menarik,” ujar Sylviana Putri.

“Menjadi juara 3 benar-benar di luar dugaan kami, karena peserta yang lain sangat bagus,” ujar Moses. “Untuk teman-teman yang belum pernah ikut lomba, ayo ikut! Bukan untuk menang tapi untuk belajar mendesign di luar merancang, dan bagi teman teman yang belum menang jangan menyerah, ambil ilmunya, kemenangan pasti akan menyusul!” pesan Moses kepada mahasiswa Prodi Arsitektur.


Close previewer