Wakili UK Petra dan Indonesia, Nadya Meraih Juara Pertama 8th ACARA

11 Nov 2019

Sebuah prestasi internasional kembali diraih oleh Prodi Arsitektur. Nadya Winaga Putri, mahasiswa Arsitektur angkatan 2016 menjadi juara pertama 8th Asian Contest of the Architectural Rookie’s Award (ACARA) 2019 yang diadakan tanggal 1 – 3 November 2019 di ASJ Tokyo Cell, Jepang. Dalam kompetisi yang mengangkat tema ‘Symbiosis of Man and Nature’ tersebut, Indonesia diwakili oleh dua orang mahasiswa yang semuanya berasal dari UK Petra, yaitu Nadya Winaga dan Andrew Laksmana, di mana keduanya merupakan pemenang pertama dan kedua 8th ACARA tingkat nasional. Nadya dan Andrew  bersama 21 peserta lain dari 13 negara Asia berkesempatan mempresentasikan karya mereka yang mencerminkan budaya dan konteks sejarah di Asia.

Nadya mengajukan proyek Merancang 6 nya, yaitu  In The Midst Of, sebuah tempat ibadah umat Budha yang didesain dengan konsep ‘achieving emptiness’. Sedangkan Andrew, yang harus puas berhenti di top eight, mengajukan proyek Merancang 4 nya, yaitu Briome, sebuah panti asuhan multi massa yang mengusung konsep ‘connecting people to people, people to nature and nature to nature’.

Kontes yang bertujuan untuk mereview, menilai dan mengevaluasi proyek studio arsitektur mahasiswa di seluruh Asia ini menawarkan kesempatan untuk dapat saling bertukar ide dan pemikiran mereka terkait dengan gaya arsitektur yang berbeda di setiap negara. Dalam kesempatan tersebut, tidak hanya Nadya dan Andrew yang mewakili Indonesia sebagai peserta, tetapi juga Prof. Timoticin Kwanda, dosen arsitektur juga tergabung sebagai salah satu dewan juri, bersama Dr. Lee Youngil (President AUA, Jepang), Kobori Tetsuo (Tetsuo Kobori Architects, Jepang), Prof Zhang Tong (Southeast University, China), Prof Soukanh Chithpanya (National University of Laos), Prof, Kang Chul Hee (Prsident KIA, Korea Selatan), Prof Wang Chun Hsiung (Shih Chien University, Taiwan) dan Prof. Truong Quoc Su (The Univesity of Architecture of Ho Chi Minh City, Vietnam).


Close previewer