8th ACARA, Prodi Arsitektur Menjadi Tuan Rumah Penjurian Nasional

26 Sep 2019

Tahun 2019 ini menjadi tahun yang bersejarah bagi Prodi Arsitektur, karena ini merupakan kali pertama Prodi Arsitektur diberi kesempatan menjadi tuan rumah 8th Asian Contest of Architectural Rookie's Award (ACARA) skala nasional. ACARA merupakan sayembara bagi seluruh mahasiswa arsitektur di Asia. Setiap mahasiswa arsitektur di seluruh negara Asia dapat berpartisipasi dalam ACARA ini dengan mengirimkan tugas studio mereka, tentunya setelah disesuaikan dengan tema yang diusung ACARA.

8th ACARA yang mengusung tema 'Symbiosis of Man and Nature' ini didukung oleh PT Bangunesia dan Propan dan diikuti oleh lebih dari 80 peserta dari seluruh Indonesia. Setelah dilakukan penjurian internal, terpilih 20 besar finalis yang mendapat kesempatan untuk mempresentasikan karya mereka di hadapan juri eksternal pada tanggal 12 September 2019. Adapun juri eksternal ACARA nasional kali ini adalah Yongil Lee (President of Asia United Architecture Association), Rudy Kelana (Wahana Architects), Ketut Arthana (Arte Architect & Associates). Selain memberikan penilaian, para juri tersebut juga memberikan presentasi mereka terkait topik 'Symbiosis of Man and Nature'.

Setelah mendengarkan presentasi para finalis, akhirnya para juri mengumumkan pemenang ACARA skala nasional yaitu:

  1. Pemenang ketiga : Tan Stanisia Finley Buwono dari UK Petra dengan karya The Vinculum
  2. Pemenang kedua : Nadya Winaga dari UK Petra dengan karya Vihara inside Void
  3. Pemenang pertama sekaligus perwakilan dari Indonesia untuk maju ke ACARA skala Asia, dan juga pemenang favorit pilihan netizen : Andrew Laksmana dari UK Petra dengan karya The Briome

Selamat kepada seluruh finalis dan para pemenang.


Close previewer