Desain Pengembangan Kawasan Dow Hill Track, Sebuah Kontribusi MK KKP-Arsitektur Anak bagi Negara

30 Jul 2019

Tanggal 2 Juli 2019 merupakan hari yang bersejarah bagi Mata Kuliah Kerja Kerja Pelayanan (KKP) Arsitektur Anak Prodi Arsitektur, di mana pada hari tersebut mahasiswa arsitektur mempresentasikan desain pengembangan kawasan Dow Hill Track yang ramah bagi anak-anak dan keluarga atlet pesepeda. Dalam kesempatan tersebut, dilakukan juga serah terima desain tersebut oleh Prodi Arsitektur dan LPPM UK Petra kepada pihak PERHUTANI dan donatur yang tergabung dalam kegiatan pengembangan kawasan desa atau hutan.

Proyek pengembangan kawasan Dow Hill Track ini merupakan tugas akhir MK KKP tersebut, yang dikerjakan dalam jangka waktu 1 semester. Tujuan dari pengembangan kawasan tersebut adalah untuk menciptakan sebuah wadah rekreasi keluarga khususnya anak-anak, di kawasan hutan pinus yang bersinggungan dengan olahraga ekstrim, sekaligus mampu menaikkan kesejahteraan dan perekonomian bagi warga sekitar. Dalam proses pengembangan desain tersebut, mahasiswa mengunjungi lokasi, mengamati potensi apa saja yang bisa dipertahankan dan dikembangkan serta melakukan komunikasi langsung dengan warga setempat melalui forum group disscussion untuk mengakomodasi impian dan kebutuhan warga yang dapat dituangkan dalam desain setiap tim mahasiswa.

“Kami berharap melalui karya desain KKP kami ini, bisa menjadi berkat dan membantu bagi warga Desa Gerbo dan pengembangan lokasi Tutur Welang”, ujar Jessica Vera, salah satu mahasiswa yang mengikuti mata kuliah tersebut. Senada dengan Jessica, Christine Wonoseputro selaku dosen pengampu MK tersebut berharap semoga rencana pengembangan hutan wisata dapat berjalan dengan baik ke depan dan dia juga berterima kasih kepada segenap pihak yang mendukung pelayanan tersebut.


Close previewer