Pendaftaran Rencana Studi Semester Genap 2018/2019

24 Jan 2019

Jadwal Pendaftaran Rencana Studi Semester Genap 2018/2019 dapat dilihat dalam gambar terlampir atau link berikut

 

Jadwal PRS genap 2018/2019

 

Mata Kuliah Pilihan yang dibuka pada Semester Genap 2018/2019 sebagai berikut:

MK PILIHAN

AR4202 Arsitektur Hijau-Surya-Bioklimatik

Ir. Jimmy Priatman., M.Arch.

Senin 15.30 – 17.30

Mahasiswa mampu memahami gerakan arsitektur baru yang berlandaskan pada kepedulian pelestarian lingkungan global alami, kesadaran penggunaan energi secara tepat maupun kesinambungan melalui desain yang inovatif dan futuristik. Materi-materi yang menjadi pembahasan adalah Arsitektur Hijau (green architecture), Arsitektur Surya (solar architecture), Arsitektur Bioklimatik (bioclimatic architecture).

 

AR4238 Arsitektur Bambu

Esti A. Nurdiah, ST., MT.

Senin 15.30 – 17.30

 

AR4243 Arsitektur Lansekap

Ir. Irwan Santoso, MT.

Selasa, 13.30 – 15.30

Pengertian tentang arsitektur lansekap, meliputi sejarah perkembangan, natural lansekap dan urban lansekap. Diskusi dan eksplorasi mengenai unsur-unsur perancangan dalam arsitektur lansekap beserta teknik pengolahan lahan/tanah dan tanaman, serta pemeliharaannya.

 

AR4236 Arsitektur  dan Penataan Ruang Pesisir

Ir. Benny Poerbantanoe, MSP.

Selasa, 13.30 – 15.30

Pengetahuan dasar  tentang penataan ruang,  pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil di Indonesia, dalam hubungannya dengan sistem proses perencanaan tata ruang,  pemanfaatan ruang dan pengendalian pemanfaatan ruang,terkait kompetensi bidang arsitektur. Guna membangun pengertian dan pemahaman sekaligus pengalaman yang utuh kepada mahasiswa tentang perancangan arsitektur  dalam proses  teknis perencanaan sesuai prosedur dan peraturan perundangan yang berlaku. Khususnya kriteria karateristik fisik, biologi, social, ekonomi dan budaya  pada tata ruang, wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil, yang memiliki fungsi berbeda-beda (tertentu); untuk dipertahankan keberadaannya.

 

AR4259 Morfologi Kota

Dr. Rony Gunawan S., ST., MT.

Selasa, 13.30 – 15.30

 

AR4203 Eko-Arsitektur

Ir. Wanda W. Canadarma, M.Si.

Selasa, 13.30 – 15.30

Pengetahuan dan pemahaman konsep dan prinsip rancangan arsitektur yang ekologis, yaitu konsep dan rancangan arsitektur yang memperhatikan keberlanjutan ekosistem dan sumber daya alam. Pemahaman ini sangat menentukan keberlanjutan kualitas hidup manusia dimasa mendatang.

 

AR4261 Simulasi Kinerja Bangunan dalam Desain Arsitektur

Feny Elsiana, ST., MT.; Aris Budhiyanto, ST., M.Sc.

Selasa, 13.30 – 15.30

Mata kuliah ini mengajak mahasiswa untuk memahami konsep simulasi kinerja bangunan, menganalisis dan mengevaluasi kinerja pencahayaan alami, energi dan aliran udara pada desain arsitektur. Simulasi ini menerapkan teori termal, tata cahaya dan tata udara dalam bangunan, yang telah dipelajari sebelumnya, dalam desain bangunan sederhana yang selanjutnya dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas performa bangunan yang dibuktikan melalui simulasi.

 

AR4256 Temporality in Architecture

Bramasta P. Redyantanu., ST., MT.; Rully Damayanti, ST., M.Art., PhD.

Rabu, 13.30 – 15.30

Mata kuliah ini memberik pemahaman ruang berdasarkan tiga dimensi perspektif: yaitu space-time-society (ruang-waktu-manusia). Akan dipelajari pada MK ini, ruang (yang akan didesain oleh arsitek) adalah sesuatu yang dinamis dan berubah sesuai dengan waktu dan manusia yang memanfaatkan, dimana disebut sebagai space temporality. Bagaimana nantinya dari kondisi temporer yang ada, mahasiswa dapat menyimpulkan sebuah gejala perubahan pada ruang ruang terdesain, baik ruang arsitektural maupun ruang kota.

 

AR4230 Arsitektur Tionghoa

Ir. Handinoto, MT.

Rabu, 13.30 – 15.30

Mata kuliah ini mendiskripsikan tentang konsep-konsep yang mendasari arsitektur Tionghoa di Tiongkok dan membandingkannya dengan yang ada di Indonesia. Sejauh mana transformasi yang terjadi pada penataan arsitektur rumah tinggal, rumah sembahyang keluarga, gedung perkumpulan, dan kelenteng yang ada di Surabaya serta kota-kota lainnya di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

 

AR4231 Konservasi Arsitektur

Timoticin Kwanda, B.Sc., MRP., Ph.D.

Rabu, 13.30 – 15.30

Pemahaman tentang definisi dan lingkup pusaka budaya termasuk arsitektur, pengertian konservasi, teori dan prinsip-prinsip konservasi arsitektur, dan intervensi dalam konservasi arsitektur seperti pemeliharaan, pelestarian, rehabilitasi, restorasi, rekonstruksi, adaptasi dan demolisi. Selain itu, pemahaman perancangan arsitektur bangunan baru pada bangunan atau kawasan konservasi melalui pembahasan studi kasus konservasi di Indonesia dan Asia.

 

AR4234 Arsitektur Vernakular

Dr. Ir. Maria I.Hidayatun, MA.

Rabu, 15.30 – 17.30

Pemahaman mengenai arsitektur vernakular meliputi vernakular sebagai teori dan metode pendekatan arsitektur. Arsitektur vernakular menjadi salah satu kekuatan pendekatan perancangan untuk menjawab tantangan terhadap globalisasi dan universalisasi. Diharapkan mahasiswa dapat melakukan penjelajahan terhadap isu-isu arsitektur yang menarik melalui kacamata arsitektur vernakular.

 

AR4257 Arsitektur dan Pelaksanaan Proyek

Ir. Andhi Wijaya, MT.

Rabu, 15.30 – 17.30

Mata Kuliah ini mengajak mahasiswa melihat pelaksanaan proyek untuk memahami, mempelajari konsep perencanaan, keinginan owner dan aplikasi pengetrapan desain dengan melihat dalam sistem pelaksanaan di lokasi. Materi yang dibahas mencakup konsep desain, model gambar pelaksanaan, sistem struktur, sistem ME dalam penerapan, dan kontrol pelaksanaan terkait pihak-pihak yang terlibat (kontraktor, MK, konsultan, dll.). Mahasiswa juga diajak untuk mengerti metode pelaksanaan suatu bangunan terkati dengan peralatan kerja, material bangunan, peraturan bangunan, manajeman kontrol, dan faktor pembiayaan serta mengkritisi permasalahan yang terjadi antara perencanaan dan pelaksanaan.

 

AR4258 Arsitektur dan Film

Altrerosje Asri, ST., MT.

Kamis, 13.30 – 15.30

Sebuah studi eksploratif tentang representasi arsitektur di dalam film untuk melihat dan mempelajari bagaimana pemikiran utama yang mempengaruhi dunia arsitektur (seperti modernism dan  postmodernism) ditampilkan sebagai setting spasial, arsitektural dan urban untuk menunjang jalan cerita dalam film dan bahkan menjadi karakter utama dalam film.

 

AR4242 Perencanaan Tapak Perumahan

Timoticin Kwanda, B.Sc., MRP., Ph.D.

Kamis, 15.30 – 17.30

Pemahaman tentang tata ruang kota dan proses perencanaan tapak permukiman, konsep-konsep perencanaan tapak permukiman seperti konsep konvensional, cluster, Planned Unit Development, dan konsep New Urbanism yang berwawasan perencanaan berkelanjutan. Mahasiswa mampu menerapkan konsep perencanaan, hirarki dan dimensi jalan, pola jalan, serta prinsip-prinsip pembagian kapling seperti orientasi, bentuk dan luas kapling dalam perancangan tapak suatu kawasan permukiman.

 

AR4260 Arsitektur dan Realitas Maya

Bramasta P. Redyantanu., ST., MT

Kamis, 15.30 – 17.30

Arsitektur adalah bicara tentang pengalaman. Desain, produk gambar, animasi, bahkan sampai terbangun sekalipun, sebuah karya arsitektur mengedepankan apa yang akan dialami penggunanya. Luas, keren, terang, modern, klasik, merupakan citra yang terbentuk karena beberapa elemen yang ditata menjadi kesatuan yang membentuk pengalaman tersebut.

Dunia telah bergerak ke arah digitalisasi, tanpa terkecuali dunia arsitektur sendiri. Pengalaman yang akan dimunculkan tadi akan semakin impresif dengan bantuan banyak sekali teknologi masa kini. Realitas maya ( atau dikenal sebagai Virtual Reality ), Realitas tambahan ( atau dikenal sebagai Augmented Reality ) merupakan dua dari sekian teknologi yang popular dimanfaatkan untuk menampilkan pengalaman virtual dalam ranah arsitektur.

Mata kuliah ini mengajak mahasiswa untuk lebih mengenal teknologi tersebut, sekaligus mencoba mengimplementasikan pada desain mahasiswa untuk dicitrakan secara digital. Harapannya adalah membuka peluang desain arsitektur seluas luasnya, serta membuka kesempatan berbagai macam media untuk menikmati pengalaman ruang dari sebuah karya, baik terbangun ataupun belum.

 

 

MK KOMPETENSI LAIN

AR4252 Komunikasi dan Negosiasi dalam Arsitektur

Ir. Jimmy Priatman., M.Arch.

Selasa, 15.30 – 17.30

 

AR4237 Jurnalistik Arsitektur

Prof. Ir. Lilianny S. A., M.Sc., PhD; Angela C. T., ST., MT.

Selasa, 15.30 – 17.30

 

AR4262 Arsitektur dan Disain Kuliner

Ir. Istiawati K.

Selasa, 15.30 – 17.30

 

AR4255 Arsitektur dan Fotografi

Ir. Ahendra

Jumat, 14.30-16.30

 

 

MK PILIHAN LAPANGAN

AR4148 Kuliah Kerja Pelayanan  

Jumat, 14.30-17.30

Kelas A

Christine Wonoseputro., ST., MASD.

Kelas B

Luciana K., ST., MT. dan Prof. Christina Evi M., ST., PhD.

Kelas C

Ir. Wanda W. Canadarma, M.Si.; Anik Juniwati, ST., MT.; Ir. Danny S. Mintorogo, M.Arch., PhD.

 

AR4250 Community Outreach Program


Close previewer