Mahasiswa ProdiArsitektur Wakili Indonesia di Asian Contest of the Architectural Rookie’s Award 2018

28 Nov 2018

Sebuah prestasi internasional kembali diraih oleh Prodi Arsitektur. Joan Chrisanti, mahasiswa Arsitektur angkatan 2017 terpilih mewakili Indonesia dalam ajang Asian Contest of the Architectural Rookie’s Award (ACARA) 2018 yang diadakan tanggal 1 – 3 November 2018 di Yuan Ze University, Taipei, Taiwan. Dalam kompetisi yang mengangkat tema ‘habitation’ tersebut, Joan bersama 19 peserta lain dari 13 negara Asia berkesempatan mempresentasikan karya mereka yang mencerminkan budaya dan konteks sejarah di Asia.

Joan mengajukan proyek studi Merancang 2 nya, yaitu Contemporary Mojokerto House. Dengan mengangkat konsep 'Local and Contemporary', sejarah Mojokerto, Candi Bajangratu, orientasi lokal diterapkan dalam konsep desain dengan menggunakan material lokal Mojokerto, yaitu bata merah dan jendela krepyak. Bangunan tersebut didesain secara kontemporer, namun tidak meninggalkan nilai lokal tradisi masyarakat setempat, sehingga pengguna dapat merasakan kembali nilai dan budaya lokal di Mojokerto.

“Saya merasa senang sekali mendapat pengalaman baru, belajar hal baru, mendapat teman baru dan menjalin relasi dengan 19 kontesan lain. Saya bersyukur kepada Tuhan dan berterimakasih kepada setiap orang yang telah mendukung saya. Harapan saya selanjutnya sebagai arsitek, kita tidak boleh melupakan nilai lokal daerah kita. Karena nilai lokal adalah harta warisan yang mempunyai potensi dan harus dijaga. Kita harus terus belajar dan berusaha, juga mengambil kesempatan yang ada,” tutur Joan.


Close previewer