Kunjungan Kelas KKP ke CUDD-UGM dan Keluarga Perspektif

26 Sep 2018

Tanggal 8-9 September 2018, mata Kuliah Kerja Pelayanan (KKP)-Desain Inklusi  Prodi Arsitektur mengadakan kunjungan  ke CUDD (Center for Universal Design and Diffabilities) Universitas Gadjah Mada dan Keluarga Perspektif, yaitu sebuah komunitas yang berisi keluarga yang memiliki putra-putri difabel, Yogyakarta. Dalam kunjungan selama 2 hari tersebut, mahasiswa belajar mengenai desain yang ramah terhadap pengguna kaum difabel.

Christiana Eviutami Mediastika, dosen pendamping mata kuliah tersebut berharap para mahasiswa yang memilih kuliah KKP-Desain Inklusi dapat membuat perencanaan atau desain yang inklusif, di mana desain tersebut mampu menyesuaikan dengan kebutuhan dan keragaman difabel.    

Samuel Christian, salah mahasiswa yang mengikuti kelas tersebut berpendapat bahwa banyak hal yang dipelajarinya setelah mengikuti kegiatan tersebut. Melihat dari sudut pandang kaum difabel membuatnya menyadari betapa berat hidup yang mereka jalani. Hal ini membuat dia mampu berempati terhadap kaum difabel dan memacunya untuk memperhatikan kebutuhan mereka dalam desain yang akan dibuatnya di kemudian hari.


Close previewer