Profil

Visi dan Misi
 
Visi: Menjadi program studi arsitektur yang menghasilkan lulusan yang memiliki nilai Kristiani, unggul dalam bidang akademik pada taraf nasional, internasional dan berwawasan pembangunan berkelanjutan dengan memperhatikan nilai-nilai budaya lokal.
Misi: Mendidik mahasiswa agar dapat menjadi Sarjana Arsitektur yang berintegritas, mampu berkarya secara kreatif dalam merancang lingkungan buatan, peka dan berempati pada kebutuhan manusia, berwawasan lingkungan, dan selalu mengembangkan diri sesuai dengan perkembangan zaman.
 
Tujuan Pendidikan:
•    Menghasilkan Sarjana Arsitektur yang peka dan berempati pada kebutuhan manusia, berintegritas, siap mengembangkan diri dan mampu:
•    Menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilannya dalam  merancang lingkungan buatan yang kontekstual dan integratif baik secara individual, kelompok maupun antar disiplin.
•    Mengembangkan ilmu pengetahuan dan keahliannya melalui penelitian baik secara konseptual maupun aplikatif dalam menyelesaikan permasalahan arsitektur sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi serta konteks lingkungan dan budaya lokal
•    Mengerti, menghayati dan punya sikap peduli akan aspek-aspek profesi dan pelayanan kepada masyarakat dalam bertindak sesuai dengan bidang keahliannya dalam merancang lingkungan buatan.

Sambutan Ketua Program Studi
 
Program Studi Arsitektur terus berusaha meningkatkan kualitas pendidikan arsitektur secara berkelanjutan, dan mengintegrasikan Tri Darma Pendidikan Tinggi dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Reputasi program studi Arsitektur secara nasional telah mendapatkan pengakuan melalui Sertifikat Akreditasi BAN PT No. 028/BAN-PT/Ak-XIII/S1/XI/2010 dimana program studi Arsitektur mendapat Akreditasi dengan nilai A.
 
Proses pendidikan dalam program studi S-1 ini didesain untuk mendidik mahasiswa Arsitektur agar dapat menjadi lulusan yang berintegritas, mampu berkarya secara kreatif dalam merancang lingkungan buatan, peka dan berempati pada kebutuhan manusia, berwawasan lingkungan, dan selalu mengembangkan diri sesuai dengan perkembangan jaman.
 
Sejak 2013, program studi arsitektur menerapkan kurikulum baru yang mengacu pada Kurikulum Berbasis Kompetensi sesuai dengan standar Pendidikan Tinggi di Indonesia. Kurikulum ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan, meningkatkan baik hard skill maupun soft skill mahasiswa, dan mengintegrasikan pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi. Kurikulum ini telah dirancang untuk memenuhi standar kompetensi UIA (International Union of Architects) dan standar pendidikan tinggi 5 tahun untuk calon arsitek profesional yang ditetapkan oleh IAI (Ikatan Arsitek Indonesia), yang terdiri atas 4 tahun pendidikan S1 dan 1 tahun PPAr (Program Profesi Arsitektur) yang juga telah dibuka mulai tahun 2010.
 
Total beban 145 sks harus ditempuh mahasiswa untuk lulus, dan dapat diselesaikan dalam 8 semester. Inti dari pembelajaran dalam kurikulum adalah mata kuliah Merancang dari semester 1 hingga 7 yang diakhiri dengan Tugas Akhir. Ketrampilan kognitif, afeksi, dan psikomotorik dilatih secara terpadu dalam studio Merancang, di bawah dosen dan tutor.
 
Website ini memuat sejarah singkat, visi, misi dan tujuan program studi, sistem pendidikan, kurikulum, profil staf pengajar, dan deskripsi mata kuliah. Semoga berguna untuk memberi gambaran umum dan menyeluruh mengenai proses belajar mengajar di program studi S-1 Arsitektur Universitas Kristen Petra.Soli Deo Gloria,
 
Eunike Kristi Julistiono, S.T., M.Des.Sc.(Hons.)